Thursday, December 2, 2010

Kapan Masa Subur Wanita ?

Assalamua'alakum.

Sukses hidup mencakup segala hal, bukan hanya saja secara materi saja, tetapi mencakup jasmani dan rohani, walaupun banyak orang berkata ukuran sukses itu dilihat dari keberhasilan pekerjan, karir atau bisnis.Postingan kali inimengutip artikel kapan masa subur wanita ?

Banyak diantara kita, tetangga, temen, saudara, kenalan yang belum mempunyai keturunan,eh.. kok malah nglantur.pertama -tama terima kasih kepada dr. tjahaya pu spoGmkes sebagai nara sumber.

Masa subur bisa diketahui dengan menghitung periode menstruasi, perubahan lendir dan perubahan suhu tubuh basal.agar akurat dilakukan beberapa kali dalam beberapa bulan.melacak masa subur bisa dilakukan melalui hitungan siklus haid, sangat mudah bila siklusnya lancar. siklus yang normal berjalan antara 28-30hari ada pula ahli yang berpendapat antara 22-35 hari.sel telur keluar pada pertengahan siklus, sekitar hari ke-14 sampai ke-16, dihitung dari hari pertama menstruasi.

jadi, tiga hari sebelum hari ke-14 dan tiga hari setelah hari ke-16, adalah masa yang memungkinkan sel telur untuk dibuahi. perhitungan ini berdasarkan kemungkinan sel sperma yang bisa bertahan hidup hingga 72 jam sebelum mencapai sel telur. siklus normal haid adalah 28 hari, pertengahan siklusnya hari ke-14 (28:2).

berarti masa suburnya adalah 3 hari sebelum hari ke-14 yaitu hari ke-11 (14-3), dan tiga hari setelah hari ke 14 yaitu hari ke-17 (14+3). jadi masa subur berlangsung antara hari ke-11 sampai hari ke-17 (7 hari), dari siklus haid normal wanita.misalnya kita datang bulan pada tanggal 1. nah berarti masa suburnya adalah tanggal 11(14-3) sampai tanggal 19 (16+3) pada bulan tersebut.

Ada sistem perhitungan kalender lain yang menggunakan waktu masa subur 14 hari, dengan jeda masing-masing dua hari diawal dan diakhir. bisa juga menggunakan alat tes masa subur yang dijual bebas, dengan media air seni perempuan untuk mengetahui kapan subur dan kapan tidak subur dengan tingkat ketepatan 90-95%.

demikian, semoga bermanfaat, posting berikutnya akan saya bahas bagaimana menentukan masa subur hanya dengan mengecek lendir dan suhu tubuh.

terima kasih